MUDA BENTARA !

#KITA MELAWAN KARENA HAK KITA DILANGGAR !

Migrasi Kuasa Budaya di Timur Asia


cultureAda pola trend yang unik dari beberapa negara yang ada di regional Asia Timur. Trend ini dikuasai oleh 4 negara, yaitu China, Taiwan, Jepang dan Korea. Trend ini meliputi fenomena pop culture (seni musik dan film) dan fenomena bisnis/ekonomi. Dalam pola trend pop culture, terlihat telah terjadinya pergeseran pola penguasaan distribusi budaya antara ke-empat negara tersebut. Dahulu, di dekade 90-an, dari keempat negara itu, China menguasai fenomena booming pop culture. Invasi seni berupa musik dan film mereka meraja lela. Lalu, di awal tahun 2000-an, fenomena ini beralih ke Taiwan, yang menjadi seteru hebat China. Di awal tahun 2000-an, budaya pop Taiwan, baik musik maupun film mendominasi penguasaan distribusi pop culture dari regional itu.

Beberapa tahun setelah itu, masih di rentang tahun 2000-an ke atas, fenomenanya berubah pula. Giliran budaya pop Jepang yang booming. Walaupun dari segi penyebaran budaya pop untuk kalangan anak-anak Jepang sudah lama menguasai, tapi untuk kalangan pra-dewasa dan dewasa, invasi budaya pop Jepang baik dari film maupun musik baru belakangan ini muncul.

Terakhir adalah Korea. Kini, setelah China, Taiwan, dan Jepang. Korea menjadi penguasa distribusi Pop Culture. Baik dari segi Film/Drama maupun musik. Popularitas budaya pop mereka kini menjadi hal yang sangat diperhitungkan, mengingat besarnya pengaruh yang ditimbulkan dibandingkan yang ditimbulkan oleh ke tiga negara sebelumnya. Yang paling menarik adalah bagaimana kita melihat kemampuan invasi budaya pop Korea ini berbanding lurus dengan invasi mereka terhadap penguasaan ekonomi.

Kita tinggalkan China dahulu, karena China memiliki pola ekonomi yang berupa relokasi Industri/pengalihan pusat produksi dari negara maju. Taiwan, walaupun lebih baik dari China, tapi mereka memiliki sedikit industri yang bisa menjadi pemimpin pasar. Jepang pun begitu. Berkah relokasi industri yang dialami China membuat Jepang turun peringkat Ekonominya. Pun, krisis ekonomi juga mempengaruhi kekayaan Jepang.

Dari keempat negara ini, yang memiliki power yang kuat dari segi invasi budaya pop dan ekonomi adalah Korea. Dalam hal ekonomi, kini banyak dari perusahaan asal Korea yang menjadi leading di bidangnya. Dalam industri selular misalnya, Kedigdayaan Samsung Group dan LG kini mampu menyaingi kedigdayaan perusahaan teknologi raksasa Amerika Serikat semisal Apple, HP, maupun Motorolla. Dalam hal industri otomotive, penjualan mobil merek Daewo, KIA dan Hyundai makin tahun semakin meningkat. Kini, dalam hal industri otomotive, beberapa perusahaan Korea telah menjadi 10 besar dunia. Pendapatan perkapita penduduk Korea Selatan kini berkisar $23.000 dan diprediksi akan mencapai $30.000 pada tahun 2015.

Kini Korea Selatan adalah negara dengan kekuatan ekonomi paling stabil di Regional Asia Timur. Tingkat public debt yang dimiliki oleh Korea Selatan, jauh dibawah Jepang (posisi ke-2) dan China (posisi ke-6).

Bagi saya, kini fenomena terkenalnya boyband, serial drama, film maupun girl band asal korea adalah hal yang lumrah. Semua ini adalah hasil dari relasi kemajuan ekonomi dan daya serap pasar yang begitu tinggi. Masyarakat kapitalis akan melahirkan pola hidup yang hedonis dan berujung pada konsumerisme.

Kini, beberapa anak muda bisa saja mengaku anti dan benci kepada film korea ataupun boyband maupun girlband semisal Super Junior ataupun SNSD. Tapi jika dilihat lebih dekat hubungan mereka dengan Invasi budaya maupun ekonomi Korea, sungguh sangat erat. Anak-anak muda pembenci budaya dan musik korea itu kini rata-rata tergila-gila dengan ponsel Android, dan mereka tidak menyangka jika Samsung Galaksi Tab, LG- Chocolate dan Smart Phone Android yang mereka pakai adalah produk buatan dari perusahaan-perusahaan Korea.

Kita bisa saja anti terhadap suatu budaya. Tapi ketika kapitalisme membungkusnya dalam bentuk benda ekonomi yang unik. Kita hanya bisa terdiam, dan pura-pura tidak tahu jika kita mau tidak mau tetap terpengaruh oleh hasil dari kejelian budaya negara dan daerah tertentu.

Muda Bentara

January 14, 2012

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 14 Januari 2012 by in Prime and tagged , , , , , .
Fisip Aceh
visitor stats

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3.676 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: