MUDA BENTARA !

#KITA MELAWAN KARENA HAK KITA DILANGGAR !

Kopi Gayo


Super-Coffee-Love (1)

Muda Bentara

December 8, 2011

Tester Master dan Barista proffesional tidak tahu jenis Kopi Aceh selain Kopi Gayo. Ini menandakan jika di kalangan penikmat kopi, kopi robusta sejenis yang sering disebut sebagai kopi Ulee Kareeng ataupun kopi Lamno tidak dikenal didaerah luar. Bagis Barista dan Tester Master, kopi yang sesungguhnya adalah kopi yang dalam penyajiannya tidak mengandung unsur-unsur lain. Bagi mereka, yang disebut kopi adalah minuman yang diseduh dengan kadar bubuk kopi 100% kopi murni dan bukannya dengan campuran bergabai macam jenis tumbuhan seperti biji jangung, beras ataupun telur, gula dan madu.

Menurut mereka, jika kopi yang sudah mengalami banyak pencampuran itu bukanlah kopi. Dan bagi mereka, kopi mestilah diminum tanpa gula. Menurut Lembaga Spesial Coffe Indonesia, Kopi Aceh (Kopi Gayo) adalah kopi dengan cita rasa paling kuat di Indonesia, memiliki aroma coklat yang begitu kuat, mengalahkan Kopi Toraja, mandailing, Lintong dan Papua. Kopi Aceh (Kopi Gayo) banyak dikonsumsi oleh orang Amerika, sedangkan Kopi Toraja banyak dikonsumsi oleh orang Jepang.

Wajar jika pihak lembaga Spesial Coffee Indonesia menyebut jika Yang menginspirasi terciptanya franchise Starbuck yang memiliki lebih dari 16 ribu gerai kedai kopi adalah Kopi Gayo. Kedigdayaan Starbuck lahir dari Kopi Gayo. Sang pencipta kedigdayaan Starbuck Howard Schultz menyebut jika Kopi Starbuck yang pertama ia minum rasanya seperti anggur Burgundi. Kopi yang ia minum saat itu adalah Kopi Sumatera.

Starbuck adalah perusahaan kopi spesialisasi kopi Arabika. Di Sumatera, penghasil kopi Arabika terbaik dan terbanyak adalah Kopi Gayo dari Aceh. Dan Kopi Gayo paling banyak diminati dan diekspor ke Amerika Serikat, negara tempat Starbuck berasal.Tak salah jika Lembaga Spesial Coffe Indonesia ketika saya tanya perihal asal muasal kedigdayaan bisnis Starbuck membenarkan jika itu semua bermula dari Kopi Gayo. Ketika beberapa waktu lalu saya mencoba menikmati Kopi Gayo, Kopi Toraja dan Kopi Papua, Kopi Gayo menjadi kopi dengan aroma rasa terbaik dibandingkan dua jenis Kopi Lainnya. Premium kopi sejenis Kopi Gayo baiknya dinikmati tanpa gula.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 8 Desember 2011 by in Prime and tagged , , , , , , , .
Fisip Aceh
visitor stats

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3.676 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: