MUDA BENTARA !

#KITA MELAWAN KARENA HAK KITA DILANGGAR !

Pentingnya data di Backup!


Puluhan file note tulisan saya di akun facebook hilang. Ini bermula ketika beberapa hari yang lalu saya menonaktifkan akun facebook untuk sementara waktu. Lalu, ketika akun facebook itu saya aktifkan kembali, sepintas akun facebook saya itu kembali seperti sedia kala, seperti  halnya saat sebelum saya nonaktifkan. Di petunjuk notifikasi, ada beberapa notifikasi yang masuk, semua fitur dan game yang saya gunakan masih bisa digunakan.

Masalah muncul ketika saya mencoba meng-update sebuah postingan di note facebook. Ketika halaman note saya buka, saya tidak melihat satupun daftar note-note yang pernah saya tulis. Dari 70-an note dan puluhan draft tulisan yang saya posting, tidak ada satupun tulisan yang bersisa.

Saya memilih menunggu untuk beberapa waktu, tujuannya yaitu untuk menunggu “pemulihan” akun facebook yang sebelumnya saya nonaktifkan, karena biasanya beberapa fitur ketika facebook dinonaktifkan, maka otorisasi atas fitur itu akan hilang beberapa saat ataupun terhapuskan. Tapi yang aneh, kejadian hilangnya puluhan note baru kali ini saya alami. Pun dalam penjelasan halaman nonaktif facebook, ketika akun facebook dinonaktifkan, maka otorisasi yang hilang hanya otorisasi atas pengendalian halaman ”page”, dan bukannya note.

Hilangnya puluhan note ini membuat saya begitu kesal. Betapa tidak, dari puluhan note itu, hanya sebagian kecil yang backupnya saya miliki, baik dalam bentuk file tulisan di pc maupun mcbook saya. Selebihnya, puluhan note lainnya  saya tidak memiliki backupnya.

Ini menjadi pengalaman penting bagi saya, betapa keamanan pengelolaan data sebuah akun sosial media itu tak setangguh seperti apa yang kita bayangkan. Espektasi saya terhadap  kecakapan pengelolaan dan backup data sistem server facebook akhirnya sirna. Sebenarnya, facebook telah menyediakan layanan download file facebook untuk setiap akun pengguna. Saya pernah mendownload file akun facebook saya lima bulan yang lalau, tapi hasil download file yang disediakan oleh facebook tidaklah slengkap apa yang diharapkan oleh semua orang. File yang bisa di download hanya sebagian file dan tidak semuanya. Sehingga mengandalkan solusi download file facebook sebagai solusi backup data juga tidak maksimal.

Kini note saya hanya berisi satu postingan note, dan itu adalah note terbaru yang saya posting beberapa hari lalu. Sedangkan puluhan yang lain telah hilang. Memang, saya bisa mem-posting ulang note yang sebelumnya sudah saya download melalaui link fasilitas download facebook, tapi tentu saja hal itu tidak maksimal. Tulisan note-note itu dulunya saya posting biasanya disesuaikan dengan waktu dan kejadian yang berkembang pada waktu itu, pun setiap note memiliki ranah diskusi sendiri yang dikomentari dan dikritisi oleh teman-teman yang membacanya. Kalaupun note-note itu saya posting ulang, tentu akan menghilangkan esensi diskusi yang hadir dari note sebelumnya yang telah hilang.

Biasanya ketika membuat note di facebook, saya jarang membuat backup, kecuali note yang saya post sebelumnya di blog dan selanjutnya di post di note facebook, jika note seperti itu tentu ada pertinggalya di blog.

Kebetulan saya menggunakan akun blog di wordpress.com, beberapa bulan lalu ketika hosting wordpress.com di serang oleh hacker Cina, saya dan beberapa teman pengguna blog di wordpress.com tidak bisa mengakses akun wordpress selama beberapa hari. Saat itu yang menjadi ketakutan saya adalah bagaimana jika hosting wordpress.com nantinya benar-benar down ataupun mati sehingga saya tidak bisa menggunakan fasilitas blog disitu lagi. Lalu, dua hari setelah kejadian down-nya server wordpress itu, akun wordpress saya dan pengguna lainnya akhirnya bisa di akses. Hal yang saya lakukan setelah itu adalah menbackup data tulisan file blog saya. Saya menggunakan fasilitas aplikasi HttTrack, aplikasi yang bisa digunakan untuk mendonwload file blog secara keseluruhan, sehingga bisa dibaca secara offline sebagai website yang utuh tanpa menggunakan koneksi internet.

Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk menbackup file tulisan yang ada di dunia maya selain dengan menggunakan solusi download file facebook. Salah satunya adalah dengan cara men-sincronize antara akun blog dan akun facebook, sehingga katika akun blog diupdate dengan postingan baru, maka secara otomatis juga akan ter-update di facebook.

Hal ini banyak dilakukan oleh teman-teman saya yang masih sering mem-posting tulisan mereka di blog. Akan tetapi, karena saya menggunakan note facebook untuk memposting tulisan yang sifatnya tidak seserius di blog, sehingga tidak semua tulisan yang ingin saya tulis akan saya posting di blog. Hal ini menyebabkan tidak adanya pertinggal dari beberapa tulisan yang saya update di facebook.

Mungkin ini adalah masalah sederhana karena yang hilang hanya berupa note facebook, tapi jika terjadi pada file lain yang lebih penting?

Suatu ketika seorang dosen saya pernah bercerita jika ada temannya yang akhirnya terkena depresi akibat komputer yang menjadi tempat penyimpanan hasil penelitian disertasinya terserang virus sehingga semua datanya hilang tak bisa diselamatkan. Ia depresi karena tidak memiliki backup pertinggal file disertasinya, sehingga hasil penelitiannya yang dilakukan selama bertahun-tahun akhirnya hilang.

Tahun lalu, dalam sebuah presentasi pelatihan fotografi di Banda Aceh, seorang fotografer menceritakan pengalamannya ketika kehilangan data foto-foto sebanyak lebih dari 6 GB . Ini terjadi karena notebook yang ia gunakan terserang virus yang membuat sistem operasinya crash dan terpaksa harus diinstall ulang. Belajar dari hal itu, kini ia membagi setiap file yang ia miliki dalam beberapa bentuk backup, baik dalam harddisk maupun kepingan DVD, sehingga ketika noteboknya rusak lagi, maka ia masih memiliki backup foto-foto sebelumnya.

Tentu cerita pengalaman teman dosen dan fotografer itu berbeda dengan apa yang saya alami saat ini. Yang saya alami adalah hilangnya file yang disebabkan oleh kelemahan sistem pengamanan file yang dimiliki oleh facebook dan bukannya oleh penyebab virus ataupun rusaknya peralatan.

Tentu ini menjadi pelajaran berharga, agar kedepannya setiap file yang ditulis atau apapun itu hendaknya di backup secara baik dengan tidak membiarkannya tersimpan hanya pada satu tempat media penyimpanan. Bagi saya, sang teman dosen ataupun fotografer yang sudah merasakan bagaimana rasanya kehilangan kumpulan file, tentu ini akan menjadi pelajaran berharga, agar kedepan bisa lebih hati-hati lagi.

Banyak solusi yang bisa digunakan untuk menghindari hal ini, misalnya tidak hanya menggunakan komputer sebagai media penyimpan file. Lakukanlah penyimpanan file di beberapa media penyimpanan baik offline maupun online, sehingga ketika suatu media penyimpanan mengalami masalah ataupun rusak, maka akan ada backup dari media penyimpanan lain, sehingga masalah kehilangan file tidak akan terjadi.

Begitu juga dalam pengunaan fasilitas akun dunia maya, hendaknya setiap file yang ditulis atau dibuat, dipecah dan dipublikasikan dalam beberapa akun. Ataupun dengan melakukan  singkronisasi antara setiap akun yang saling terkait. Solusi yang paling baik adalah, dengan menggunakan aplikasi download website, sehingga semua file yang ditulis bisa dibaca secara offline.

Semua metode cara backup file sebenarnya dilakukan untuk melindungi setiap karya yang kita miliki, sesederhana apapun itu. Sehingga, setiap file yang ditulis akan menjadi rekaman kehidupan yang kedepannya bisa menjadi suatu hal yang bisa dipelajari kembali di masa yang akan datang.

_______________________.

10 Mei-Kantin FISIP/POSS.

One comment on “Pentingnya data di Backup!

  1. Morphic
    1 Agustus 2011

    Saya mengalami ini juga.
    Tapi saya punya cara bagus!

    hidupkan laptop atau komputer.
    nah, lalu browse account kamu dgn http://m.facebook.com

    kamu bakal melihat kembali semua note kamu disana.
    Tinggal diselamatin deh..😀

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on 14 Mei 2011 by in Aceh, Prime and tagged , , , , .
Fisip Aceh
visitor stats

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3.676 pengikut lainnya

