MUDA BENTARA !

#KITA MELAWAN KARENA HAK KITA DILANGGAR !

Plurk !!!


rayuan plurk

Anda tau plurk ? saya rasa semua manusia yang punya blog pasti tau apa itu plurk, tapi belum tentu kenal ataupun memiliki accountnya.

Begitu juga dengan saya, saya kenal plurk karena saya juga memiliki accountnya, screen shoot disamping ini adalah tampilan magis plurk yang telah menghipnotis ratusan ribu jiwa anak manusia hanya untuk bertatap muka dengan homepage santai yang berlambangkan gajah buntung ini .

Ya, semua itu mereka lakukan hanya untuk melampiaskan ekspresi kehidupan yang mereka jalani, dari hal sepele sampai yang kecela, dari sekedal upil sampai dengan gadget apple yang sering menempel .

Dan Alhamdulillah saya tidak terhipnotis dengan kedigdayaan si plurk ini, toh saya tidak suka dengan format postingannya yang singkat dan sederhana .

Plurk berbeda dengan format postingan media jejaring sosial lainnya, beda dengan fs, faceebook, myspace, maupun blog, yang jelas kesamaannya hanya pada kesetaraan nasip sebagai sesama pengontrak dunia hosting internet kepunyaan amerika .

Seperti yang saya katakan tadi kalau format postingan plurk itu sangat sederhana, hanya 140 karakter, yang diawali dengan  18 suku kata magis yang tidak jelas asal muasal silsilah klan tempat pesugihannya, di screen shoot di atas anda bisa melihat daftar rentetan kata-kata mistis yang mengandung kadar ke-magisan tinggi itu, anda baca saja, saya malas tuk mengetik ulang semuanya, takut saya jika nantinya saya ikut terseret juga ke dalam lembah plurk yang salah .

Oh ya ,tadi saya mengunjungi blog teman saya, namanya citra rahman ,saya tertawa membaca postingan terakhirnya yang  berjudul “invasi plurk”  di tulisan-a itu si penggemar kambing congek raditya dika ini mengisahkan tentang kegelisahannya yang sudah mengalami adiksi yang amat sangat terhadap mahluk plurk itu,

Mahluk plurk yang telah membuatnya melupakan blog kesayangannya yang ber title “In my mind that ican’tcontrol“, blog yang tiap bulan ia beri asupan gizi berupa postingan yang jumlahnya hampir seratusan, plurk yang membuatnya lupa tuk menyelesaikan kewajiban duniawi-nya di Perusahaan Lilin Negara, itulah plurk, daya magisnya telah menghipnotis seluruh semesta jagat maya, tidak tahu saya apakah Nostradamus, jayabaya, penyihir maya dan inca ataupun mama lorenk pernah meramalkan hal itu, beneran ndak tahu saya .

Sebenarnya saya sudah lama memprediksikan hal ini, jauh sebelum saya membuat akun di plurk country ini saa sudah mencari informasi tentang para penghuninya yang sudah tidak begitu normal lagi, kebanyakan sudah tak memperdulukan lagi kehidupan sosial sekitar, pikiran mereka asik tersedot dalam tampilan text postingan plurk yang berjalan, isi kepala selalu tersita kesana, kedalam form kata magis untuk menceritakan gerak gerik suara hati yang makin tak karuan itu , yah, begitulah plurk itu meluluh lantakkan semangat dunia maya itu .

Dulu sebebnarnya saya juga hampir terjerembab ke jalan nista gajah buntung bernama plurk itu, tapi untungnya hal itu tidak terjadi, karena melihat pengalaman teman saya lainnya , ketika plurk telah menguasai dirinya , ia main susah tuk menghindar dan makin tidak realis, sibuhk dengan menuliskan harapan-harapan dan curhatan ringkas yang ndak tentu jelasnya itu .

Tapi tentunya alasan saya ndak hanya itu, setelah saya amati dan pelajari akhirnya saya putuskan saya ndak boleh terlalu larut dalam dunia plurk itu, karena tidak sesuai dengan jiwa saya, semua konten kalimat pembuka dalam setiap postingan plurk berisikan curhatan, harapan cerita dan pertanyaan ringkas tentang sesuatu, tidak deep tapi memang terkadang cukup menyentil, tapi itu tidak cocok dengan jiwa saya yang sedang ingin membuat segala sesuatu ini benar-benar real dan serius,

Tentunya saja saya ataupun anda tidak bisa menampilkan opini yang serius ataupun ulasan isi kepala hanya dalam untaian huruf yang jumlahnya hanya 140 buah, ndak mungkin kan ? toh saya atau anda semua bukanf ilosof yang setiap kata-katanya diterjemahkan dalam ratusan persepsi oleh para sosiolog maupun anak filsafat, ya, itu bukan saya .

Dan saya memutuskan untuk mengambil langkah itu, menalak si plurk dan tetap eksis di blog, saya memiliki alasan sendiri tentunya dan para penggila plurk juga memiliki alasan sendiri tentang semua aktifitas yang mereka postkan di plurk, tentunya semua itu kembali kepada pilihan masing,-masing, dan menurut saya , saya harus menjatuhkan pilihan untuk menalak plurk ini, untuk melestarikan setiap perasaan saya akan sesuatu untuk bisa eksis dan tak hanya menjadi curhatan 140 huruf plurk saja, ndak rela saya isi kepala saya yang penuh dengan tumpukan realita kehidupan ini hanya di kisahkan dalam sesingkat itu, malu rasanya diri ini, bak mahluk yang tak menghargai karunia Illahi.

Ya,beginilah, semuanya memiliki pilihan, begitu juga saya maupun anda, semuanya bebas memilih , apakah memilih tuk merangkum cerita kehidupan anugerah tuhan ini hanya kedalam 140 huruf atupun memilih berkisah tentang karunia tuhan dalam realita yang sebenarnya, ndak diringkas, tapi apa adanya…

Sekian dulu ini, kapan-kapan saya sambung lagi .

37 comments on “Plurk !!!

  1. Muda Bentara !
    16 Februari 2009

    Hy plurkers …. gimana kabarnya si gajah buntung ?

  2. Mangkum
    16 Februari 2009

    The power of simplicity, gimana caranya menyampaikan intisari ide hanya dalam 140 karakter?

    Kok aneh ya, kehebohan plurk ga membius gw sih. Udah bikin accountnya tp biasa aja. Eh namun, gw lebih seneng ngeblog untuk melatih cara bertutur dan memerinci ide, drpd plurk yg kayak nulis di kertas Post it… :p

    Salam karma😀

  3. Muda Bentara !
    16 Februari 2009

    tapi saya beruntung mas, karma saya 0,0000 … hehe

  4. Citra Rahman
    17 Februari 2009

    Hei…wat de fak! Plurk is the crazy way to gila-gilaan! Huahahahahaha…Muda, maunya kamu tambahkan lgi di bawah pake huruf-huruf besar dan ditebalkan :

    HATI-HATI…PLURK MEMBUAT ANDA AUTIS!!!

  5. syahuri
    17 Februari 2009

    kalo ane lebih suka nge twitter

    entah kenapa ya… he he he…

    padahal dari segi fasilitas dan teknologi, kan plurk lebih canggih tuh…

  6. Abe Poetra
    17 Februari 2009

    Alhamdulillah, ketagihan saya terhadap plurk bisa dihilangkan. Kalau gak saban bentar lirik henpon, saban bentar mau mosting di timeline. Arghh.. habis waktu gak sempat ngapa-ngapain.

    Eiya, saya add mudabentara di fesbuk ya. ^_^
    Salam kenal juga. Sering maen ke GraPARI Tsel gak?

  7. Muda Bentara !
    17 Februari 2009

    @ Mangkum

    Salam karma juga mas kumload …

    @ Citra Rahman
    ,
    Autis, ndak lah, itukan bawaan lahir, tapi kalau plurk bisa bikin mandul, itu baru mungkin, karena bikin orang jadi ndak napsu lagi sama yang laen …

    @ syahuri

    heheh …. lhaa rata-rata pengguna plurk itu kan migrasi dari twitter …

    @ Abe Poetra,

    Untung aja bang Abee dah terselamatkan ya dari noda-noda plurk , eh bang, thanks ya dah add fb nya , oh ya bang seminggu yang lalu saya ada sih main main ke grapari di lamprit tu, tapi kok saya ini dipanggil bapak ya … kan ndak tua.. hhee

  8. Aulia
    17 Februari 2009

    eh si muda ada pluk… oh salah plurk…

  9. dalila sadida
    17 Februari 2009

    aku gak punya plurk

  10. Abe Poetra
    18 Februari 2009

    Sebenernya kemaren waktu muda mau dateng udah abang pesenin, panggil aja “kakek” heheeh.. eiya, abang manggilnya “muda”, “bantara”, atau “mud” aja? atau ada panggilan laen?

    Photo yg diblog abang itu photo waktu acara Tsel undang Opick di gedung sosial. Hehe.. ^_^

  11. septarius
    18 Februari 2009

    alow teman-teman blogger…ikutan 3rd IBSN Blog award yuk..

    silahkan daftarkan url artikel disini

    keterangan yang lebih lanjut bisa dilihat disini

    akhir pandaftaran artikel 25 Maret ‘09 jam 23.59 wib..

    IBSN = Berbagi Tak Pernah Rugi ^_^

    by. komporizer tim : septa 🙂

  12. Muda Bentara
    18 Februari 2009

    Wahhhh … untung aja abng yang di CS grapari itu ndak pangggil kakek, bisa runyam ituh , kalau kesehariannya muda sih dipanggil muda aja, atau mudabentara, laen tempat lain panggilan …. orang-orang telkomsel ramah-ramah juga ya bang …

    makin betah ne pake as, padahal pengen pake tri, yang sms nya gratis, tapi ga jadi lahh …

  13. ndop
    18 Februari 2009

    plurk itu kalo dicari segi positivenya apa ya??

  14. Rossa
    18 Februari 2009

    plurk?
    saya baru bikin dan blum ngerti cara guna’in nya..
    hha*

  15. wennyaulia
    18 Februari 2009

    weh, sempet nagih jg sih si plurk itu
    gara2 penasaran gmana cara makenya
    tp skrg2 ini udah biasa aja😀

  16. Farid Yuniar
    18 Februari 2009

    saya memutuskan resign dari Plurk. Setelah karma saya selalu turun setiap hari karena ga pernah di update….hahaha:mrgreen:

  17. Muda Bentara !
    18 Februari 2009

    sepertinya saya akan mengikuti jejak anda mas …. heheh

  18. Abe Poetra
    19 Februari 2009

    Mudaaaaa… Arggghh… *muka seram*
    Kenapa fesbuk abang belum di accept-accept sampai sekarang? Arggghh..

    Muda, daftarkanlah di Acehblogger community boleh? Itu adminnya muda ya? Yg di Acehblogger.org kan?

  19. kezedot
    19 Februari 2009

    pagi bang
    q datang dalam wajah yg lebih hancurr
    salam hang……….salah
    salam persahabatan sejati
    q nanti ya,bang

  20. annosmile
    19 Februari 2009

    jadi inget belum ngplurk hari ini

  21. Muda Bentara
    19 Februari 2009

    @ Abe Poetra
    Hehehe , udah di accep kok bang, ndak tahu nih, fesbuknya payak kali bukanya , bang, muda bukan admin acehblogger lo, cuma anggota biasa aja, asik juga nih kalau makin banyak yang gabung, bisa banyak kawan lahhh …..

    eh bang, abang tinggal kirim aja email daftar ke alamat yang ada dibawah ini,
    tinggal kasi tahu nama asli dan alamat blog aja .nih caranya :

    Nama dan alamat e-mail anda dapat di kirim ke register@acehblogger.org dengan mencantumkan isi berupa Nama URL (ex: http://abc.nanggroe.com / http://abc.nanggroe.com/feed/) dan Nama Asli Anda serta untuk Subject dengan judul [Daftar]. Dan alamat anda akan aktif pada aggregator dalam jangka waktu secepatnya.

    OK.

    @ kezedot,
    Salam hangat juga bang, salam sejati …

    @ annosmile,
    Kalau bisa sih jangan … hehehhe

  22. Abe Poetra
    19 Februari 2009

    Udah, udah abang kirim sesuai dengan yg muda sarankan. Kira-kira boleh gak ya gabung ke Acehblogger.org?

    Thanks ya muda. Eh, kapan maen ke GraPARI?
    Nanti kalau ada ke GraPARI kasih tau abang. ^_^

  23. aribicara
    19 Februari 2009

    aku malah baru tahu nich🙂
    maklum anak baru😀

    Makasih yach Info dan ulasanya🙂

    Salam Bro😀

  24. iwan
    19 Februari 2009

    apaan sih tu plurk

  25. HeLL-dA
    19 Februari 2009

    Saya masih menggunakan layanan Plurk, tapi ngga addict-lah..
    Kan masih bisa digunakan untuk nge-junk.
    Hehehehe.
    Lumayan promo blog di situ, sama kayak FS, terlebih lagi FB, wuih, lumayan trafiknya dr situ.
    😉

  26. Muda Bentara !
    20 Februari 2009

    @ Abe poetra
    Siip lah bnag, ya pasti bisa lah gabung di ABC , beberapa saat lagi pasti dah ada namanya di homepage ABC…

    asik juga lah maen2 ke grapari, nanti kapan2 muda mampir lagi lahh … heheh

    @ aribicara
    ndak jadul kok

    @ Helda
    untung aja gak addict mbak …

  27. agungfirmansyah
    20 Februari 2009

    plurk bisa mengubah kebiasaan orang. Dari doyan nongkrong di kantin jadi doyan nongkrongin komputer, nungguin komentar, bales komentar, sampe bikin rencana jangka panjang buat naikin karma.

    Serem…

  28. bluepaperblog
    21 Februari 2009

    saya gak suka plurk

  29. Abuya Alex©
    25 Februari 2009

    Lha… kalo anti plurk, lebih baik URL plurknya jangan dipajang:mrgreen:

    Dunia ini tidak hitam-putih. Saya sendiri tidak suka nge-plurk, tapi memvonis mereka yang nge-plurk sudah jatuh ke lembah nista, berarti saya dan kamu juga mesti siap divonis menghabiskan waktu atau narsis bin katarsis dengan ngeblog.

    Biar sajalah setiap orang memiliki pilihannya masing-masing, jangan divonis. Memberi stempel tidak segampang itu🙂

    Jadi ingat tudingan lama bahwa para blogger juga tidak normal ngabisin waktu buat curhat melulu😆

  30. Abuya Alex©
    25 Februari 2009

    Oh iya… di sini menggugat plurk? Nah… mungkin sudah bisa dilepas banner Facebook-nya, karena di sini juga ada tulisan “menyentil” pengguna Facebook. 😛

  31. Ozank
    25 Februari 2009

    Hehehe… ada pro-kontra juga sama plurk.
    Menurut saya, plurk itu bukan untuk blogger aktif yang bisa suka menulis dan ngepost. Tapi plurk itu untuk kalangan netter yang pingin ngeblog, tapi tak bisa menulis atau sulit untuk ngeposting karena tak bisa menulis.
    Jadilah plurk sebagai alternatif ngeblog singkat yang tak perlu mikir melahirkan tulisan, cukup semudah SMS saja.
    kalaupun plurk itu bisa menampung hingga 2000 karakter, plurk juga tak akan mampu menggaet pengguna yang putus asa waktu ngeblog.
    Tapi plurk itu penting untuk kalangan yg tak mau mikir tulisan panjang.

  32. arjip
    28 Februari 2009

    plurk mungkin tidak terlalu cocok dengan penulis cerita yang panjang dan bertele-tele.
    silakan buat semuanya aja mampir dulu ke blog saya di
    http://arjip.wordpress.com
    thanks

  33. Radzie
    2 Maret 2009

    Bagiku, Plurk itu gak asik. Aku dah punya akun di Plurk kira2 tiga bulan lalu. Tapi, abis bikin akun, aku sangat jarang berkunjung ke sana.

    Tulisan yang menarik. Fesbuk dan beberapa situs jejaring sosial lainnya juga telah membunuh kehidupan sosial kita di alam nyata.

    Salam,
    Radzie

  34. Angga :)
    25 Maret 2009

    ayo ngeplurk🙂

  35. Blogger Bireun
    28 Maret 2009

    hai, salam dari blogger bireun

  36. bireunblogger
    28 Maret 2009

    bdk

  37. salman alfarish
    17 Juni 2011

    wah, baru dengar ada istilah gajah buntung, salam kenal ya muda bentara

Tinggalkan Balasan

Information

This entry was posted on 16 Februari 2009 by in Prime and tagged , , , , .
Fisip Aceh
visitor stats

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3.676 pengikut lainnya

